DUNIA INFORMASI UPDATE , TERHANGAT DAN TERPERCAYA

SIKLUS MENSTRUASI YANG NORMAL BAGI WANITA


MENSTRUASI YANG SEHAT DAN TERATUR
Bagi Wanita, menstruasi merupakan kejadian yang akran dan takkan pernah lepas dari kehidupannya. Untuk itu perlu diperhatikan dengan teliti apakah menstruasi yang terjadi pada seorang wanita sudah normal, teratur, terlalu sering atau malah terlalu lama. Siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak normal akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Perlu diketahui, bahwa rentang siklus menstruasi yang normal bagi seorang wanita rata-rata berkisar antara 21-35 hari/siklus.

Contoh menghitung rentang siklus menstruasi bagi wanita:
Misal anda mengalamai menstruasi pada 01/01/2013, kemudian menstruasi lagi pada 25/01/2013, selanjutnya terjadi lagi tanggal 09/02/2013, lalu tanggal 28/02/2013 terjadi lagi, selanjutnya terjadi tanggal 17/03/2013.

Dilihat dari terjadinya menstruasi di atas maka, perhitungan rentang siklus menstrasuai yang terjadi adalah sebagai berikut:
Periode 1 : Rentangnya 24 hari
Periode 2 : Rentangnya 15 hari
Periode 3 : Rentangnya 19 hari
Periode 4 : Rentangnya 17 hari

Setelah dihitung, selam empat kali periode siklus terjadi 3 kali rentang menstruasi yang tidak nomral, yaitu pada Periode 2, Periode 3, dan Periode 4 yang mana rentangnya di bawah rata-rata.
Kalau terjadi hal demikian, yaitu dari 4 kali periode siklus menstruasi minimal 3 kali periode siklus yang tidak normal, maka harus ada penanganan lebih lanjut yaitu harus segera diperiksakan ke Dokter Ahli.

Namun kalo hanya terjadi 1 atau 2 kali periode yang tidak normal itu masih wajar, mungkin itu hanya disebabkan karena tidak seimbangnya hormon dalam tubuh.

sumber: Dr. OZ Indoneias