DUNIA INFORMASI UPDATE , TERHANGAT DAN TERPERCAYA

CARA MENGOBATI DIARE BAYI DENGAN BUBUR TEMPE


TEMPE UNTUK MENGOBATI DIARE PADA ANAK

Banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat tempe untuk pengobatan penyakit, bahkan masyarakat masih meragukan tentang manfaat makanan tradisional yang satu ini untuk pengobatan, walauapun sudah sejak lama para ahli bahkan dari luar negeri mempublikasikan tentang tempe, salah satunya adalah herdger.

Herdger dari Departemen Botany dan Mikrobiologi Universsity College of Wales tiga puluh tahun yang lalu mempublikasikan secara detail tempe Indonesia dalam tulisannya yang berjudul: Production of Tempe an Indonesian Fermented Food.

Di dunia kedokteran, makanan ini sangatlah menarik perhatian, terbukti berbagai penelitian dilakukan dan semuanya menunjukkan manfaat yang positif, antara lain Hadju V dkk dari Sulawesi, Yati Soenarto dkk 1997, Sri Yuniati Hartiningsrum 2010 bahkan bermanfaat terhadap kasus sirosis hati oleh Ratnasari N dari Universitas Gajah Mada.

Dari berbagai penelitian, terbukti tempe merupakan anti bakterial yang menghambat pertumbuhan beberapa bakteri patogen misalnya Stafilokokus aureus, Bacillus subtilis, Streptokokus dan lain-lain.
Kelebihan lain adalah mempunyai kemampuan menghambat adhesi ninhibisi bakteri Enterotoxicogenetic Escheria coli (ETEC) sehingga kolonisasi bakteri tersebut akan terhambat.
Kemampuan menghambat adhesi  ninhibisi bakteri ini sangat penting karena ETEC merupakan salah satu penyebab diare berat pada anak.

Bubur Tempe ternyata sangat bermanfaat untuk memperpendek masa diare dan meningkatkan berat badan setelah diare.

Jadi bagi masyarakat sudah tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan makanan tempe untuk mengobati penyakit diare pada bayi atau anak-anak sebab makanan ini sudah diuji serta diteliti kandungan gizi serta zat-zat lain yang terkandung didalam tempe.

Adapun cara membuat bubur tempe yaitu sebagai berikut:
1. siapkan tempe 3 - 4 potong
2. siapkan tepun beras
3. masak tempe seperti memasak tempe bacem
4. setelah tempe matang lalu diblender dan disaring
5. lalu sari-sarinya dibuang
6. hasil saringan ditambahkan dengan tepung beras lalu dimasak dengan api kecil
7. tambahkan sedikit vanili
8. diaduk terus hingga matang
9. siap untuk diberikan pada bayi atau anak anda yang terserang diare

Semoga bermanfaat